Arti Fam Kawanua Manado-Minahasa


Manado, Manado, selain keindahan alamnya yang menarik untuk dikunjungi, keramahan orang Manado jugalah yang menjadi ujung tombak kesuksesan menuju Manado Kota Pariwisata 2010.

Selamat Tahun Baru 2010 untuk semua blogers mania…..Kiranya di tahun yang baru ini, semua kenangan buruk di tahun lalu menjadi pengalaman terindah kita menjalani tahun yang baru dan pengalaman yang indah di tahun yang lalu, menjadi pelajaran kita untuk hidup menjadi lebih baik.

Udah 6 bulan aku tinggali Manado. Hanya kabar dari beberapa media yang menjadi informasiku mengenai perkembangan Manado, dan aku percaya, suatu saat (setelah aku cukup matang sebagai seorang civil engineer) di Papua, aku harus menjadi orang yang mengambil bagian mengembangkan kota Manado…….

Sebelum kita menjalani Manado sebagai kota pariwisata 2010, marilah kita ketahui dahulu, bahwa torang semua basuaudara (kita semua adalah saudara). Dan sebelum kita (kawanua Manado) menjadi bagian dari kemajemukan masyarkat moderen, kita musti tahu dulu dong fam/marga kita yang selalu menjadi bagian dari kehidupan kita….

menurut salah satu media yang kubaca (buletin KKK di Bali, edisi Bulan Spetember 2009), fam/marga tiap orang Manado itu menggambarkan karakter tiap orang lho, bisa dari pekerjaanya, sifatnya dan masih banyak lagi deh….

Namun itu semuanya tidaklah lepas dari jasa misionaris Kristen Protestan kebangsaan Eropa, yakni J. Riedel dan J.F. Schwarz yang melayani di daerah Langowan dan daerah Tondano. Sehingga berkat pelanyan para misionaris, masyarakat “mula-mula” Manado di baptis, dengan mengikut sertakan nama dari orangtua laki-lakinya, yang kini nama itu disebut fam atau marga.

Jadi karena pengaruh kebudayaan Eropa, banyak nama orang Manado yang berbau “ke-Eropa-an”, namun berbau fam/marga “ke-Minahasa-an”. Contoh nama-nama yang berbau ke-Eropaan: Sartje, Mintje, Amos dan lain

Nah, penasaran pengen tahu arti fam/marga teman-teman sekalian (kawanua Manado), coba deh donlot di sini, atau disini

Oh…iya mungkin karena pengaruh ngantuk dan posisi ngetik yang kurang bagus, aku ada idak salah ketik. Oleh karena itu aku mohon maaf ya….(tidak ada maksud untuk menghina, mengejek, mengolok-olok, apa lagi untuk mencaci maki, hehehehe….)

Untuk yang pengen komentar, saran, kritik yang membangun aku sangat welcome. Dan bila ada yang ingin nambahin (soalnya ada beberapa fam/marga teman-temanku yang juga tidak ada, hks…hiks…) aku juga welcome, apa lagi yang mau ngasih duit, wakakakakaka…..

Akhir kata, Selamat Menbangun Manado, dan sambutlah Manado Kota Paiwisata.

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman. Tandai permalink.

13 Balasan ke Arti Fam Kawanua Manado-Minahasa

  1. iin syah berkata:

    Slm kenal,,, aku jg orang manado nih
    (ketemu peblog manado,,ngaku org manado,, ketemu
    yg dari padang ngaku orang pdg,, kwek!!)
    hehe,,, mom tendean tuh…,,, 😉

  2. nicky,rooroh berkata:

    slam knal jga aq orang manado asli lei,,,hhehehehehe
    slam jo for tu kawanua neh,

  3. jefry berkata:

    salam kenal ya,
    w jga org manado…
    momz w marganya pinontoan…
    hehehe,..
    enakan kalo kayak gni., ada blog’s buatorg manado…

  4. martini patuwondatu berkata:

    salam kenal,ku juga orang manado tapi ga pernah ke manado karna ku numpang lahir di dabo, Riau. numpang tanya kalau fam patuwondatu apa artinya ya..??????? Trims infonya…

    • zuckh berkata:

      Salam kenal juga.
      Hmm…udah aku tanyain ke teman-temanku, tapi mereka juga ngga begitu tahu. Iya sih, dikarenakan kebanyakan dari kita hanya mengenal nama fam/marga, tapi arti dan sejarah dari fam/marga itu banyak dari kita yang tidak tahu. Sepertinya ini tugas berat buat kita ya.
      Ok deh, kalo aku atau kamu udah ketemu arti fam patuwondatu, lansung kasih komentar ya, supaya kita bisa saling share.
      Salam kawanua…!!

  5. tonnyrompas berkata:

    kitorang samua musti jaga bae2 kita pe fam jangan beking malu kawanua jo lebeh baik kita badiang dari pada banyak komentar

  6. Shuttle Service berkata:

    Good day, WHEN I trust a person, in the event you found yourself in Romania you’ve got a beer by my home: ) Cheers!

  7. Rolly Walewangko berkata:

    Very nice web

  8. Froland Pangajow berkata:

    salam samua for ngoni tamang2 kawanua…….berkarir atau berkarya di mana saja jang lupa ja pasiar ka Manado, atau kalu so bole tu popoji bale ulang jo ka kampung,,,,,GBU all

  9. Nadya Paoky berkata:

    Aq Manado kelahiran Aceh. Aq pgn cari kluarga opa ku yg udh lm hlg kontak. Da yg bsa bantu? Fam ku Paoky. Tp dr Oma Rumbay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s