Stone Crusher, raksasa pelumat batu


Stone Crusher

Tak heran, bila mesin satu ini menjadi primadona bagi perusahaan jasa konstruksi yang melayani pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan. Sebut saja perusahaan dimana sekarang aku bernaung dan belajar, PT. Binatama Cipta Nusa. Salah satu perusahaan swasta yang kini telah menancapkan kukunya di Kab. Teluk Wondama, Papua Barat.

Stone Crusher yang mempunyai kapasitas output 60 ton/jam ini ternyata cukup “rakus” akan energi-untuk bahan bakarnya. Ia bisa menghabiskan 200 liter/hari selama pengoprasiannya. Jadi tak heran, diperlukan Generator raksasa sebesar 120 Kv selama pengoprasiannya.

Selama pengoprasiaannya, minimal dibutuhkan 1 unit alat berat excavator dan wheel loader serta 2 unit dump truck. Exavator dan wheel loader, berguna untuk proses pemuatan material (batu kali/batu gunung). Sedangkan Dump truck berguna untuk pengangkatan dari timbunan material (batu kali/ batu gunung) ke dalam unit joule.

Dari lubang joule, selanjutnya material (batu kali/ batu gunung) akan dipecah-pecah/ atau di tumbuk-tumbuk. Hasil tumbukan material ini selanjutnya akan masuk dalam screening atau ayakan/ saringan material. Tinggal diatur sesuai kebutuhan saja, ukuran fraksi berapa yang diperlukan.

Umumnya untuk pekerjaan konstruksi jalan, dibutuhkan 4 fraksi utama, yakni fraksi 1 (ukuran 3”-5”), fraksi 2 (ukuran 2”-3”), fraksi 3 (ukuran 1”-2”, ada yang menyebutnya cheaping) dan Fraksi 4 (abu batu, sebagai bahan filler).

Selain menghasilkan fraksi, mesin stone crusher juga dapat menghasilkan LPA (Lapis Pondasi Agregat). Untuk menghasilkan LPA, material yang dimasukan ke dalam lubang joule adalah sirtu kali atau sirtu gunung yang bercampur dengan tanah. Artinya sirtu ini, tidaklah sebesar batu kali/ batu gunung dan tidaklah sekecil fraksi 1.

Memang tidak semua hasil tumbukan dari lubang joule akan lansung masuk ke dalam lubang screening, oleh karena itu ada proses looping atau pengulangan tumbukan material. Artinya untuk menghasilkan fraksi yang ukurannya kecil diperlukan proses penumbukan ulang. Oleh karena itu, diperlukan 2 lubang joule untuk penumbukan. Joule yang kedua memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang joule pertama. Sehingga untuk menghasilkan suatu fraksi, diperlukan waktu yang cukup lama. Namun itu juga tergantung dari nilai efisien mesin. Semakin tua umur mesin, tentunya semakin banyak permasalahan yang terjadi, maka semakin sedikit juga output fraksi dan LPA yang dihasilkan.

Tak heran, karena kerumitan dalam proses pengolahan fraksi dan LPA, sedikitnya dibutuhkan 1 orang chief operator dan 4 orang assisten operator. Cief Operator bertanggung jawab penuh akan kondisi mesin dan output yang dihasilkan, sisanya, tugas akan pengaturan aliran tegangan dan kelistrikan, perbaikan dan maintenance mesin, yang di kerjakan oleh assisten operator.

All Star's BCN

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman. Tandai permalink.

8 Balasan ke Stone Crusher, raksasa pelumat batu

  1. thatoo berkata:

    bang bgimana kabar ini dunk????
    so boleh pulang jo……
    so mo ta sadap disana ini….
    bawa bnyk2 ne tu hasil karja…..
    kong trg jadikan air keras… key… wewew
    GBU always

    • zuckh berkata:

      Ok bro…..ntar aku bawa banyak…? tapi mau dijadikan apa????
      Udah mampu belum, soalnya sekarang, takaran aku bukan botol, tapi liter.,…..
      wakakakakak

  2. taw dunk berkata:

    wewwwwwww…jago maen liter dunk???? 1 ltr???
    so blh cukur jo tu jenggot…bandingkan dg pict…wueekkkkkkkkzzzzzzz……….

    • zuckh berkata:

      wakakaka, belum terlalu jago juga bro. masih baru belajar bermain literan…..
      Beres deh, tapi aku malas cukur semua. sayang gitu deh…

  3. anton182 berkata:

    bang bgimana kabar ini dunk????
    so boleh pulang jo……
    so mo ta sadap disana ini….
    bawa bnyk2 ne tu hasil karja…..
    kong trg jadikan air keras… key… wewew
    GBU always

    • zuckh berkata:

      waduh…..kita le so suka mo pulang sebenarnya. So rindu manado. Tapi dikontrak 3 tahun, jadi ntar kalo sudah 3 tahun baru deh bisa pulang. Hmm…hasilnya kan udah aku kirimin ke teman2 buat bantu biaya skripsi, yah biar sedikit dulu toh…..

      Ok deh, ntar kita bikin jadi air keras….wakakakka

  4. Stanley Toar berkata:

    saya anag.a pak John Toar .
    hahaha .
    pie kbre BCN ?
    apik ra ?
    neg ra apik gelut yo .
    hahaha .
    om isak , om kabo , om alvian , om boby , om anton ayo kita majukan PT. Binatama Cipta Nusa .

    • zuckh berkata:

      Masih tetap eksis lah….Kan crew BCN juga selalu semangat 45. Walaupun sementara diterjang bencana banjir badang, tapi Wasior tetap harus dibangun….

      Viva BCN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s