Malaria oh malaria…


Katanya sih orang batak itu punya kebiasaan untuk merantau jauh dari daerah asalnya, trus balik lagi kalo udah jadi orang alias sukses. Kayaknya filosofi ini kena buat diriku…

Nah, karena filosofi itu diriku akan berangkat ke Irian Jaya, sebuah pulau di kawasan Indonesia Timur yang belum pernah terpikir olehku untuk menginjakan kaki disana. Alasannya???

Kerja dan cari pengalaman lha. Kayaknya, secuil ilmu teknik sipilku ini mungkin berguna buat kemajuan daerah disana. Dari beberapa nasihat oleh teman baikku, ditambah referensi dari dunia maya dan di perkuat dari dokter langganan keluargaku, di sana daerah yang Ekstrim endemis……

Selain daerah yang masih banyak belum terjangkau oleh jamahan manusia (menurut adik kaderku di GMKI Manado), daerah ini juga menjadi markas besar oleh Nyamuk Malaria atau bahasa kerennya nyamuk Anopheles, kayak yang aku kutip dari wikipedia:

Malaria disebabkan oleh parasit protozoa. Plasmodium (salah satu Apicomplexa) dan penularan vektor untuk parasit malaria manusia adalah nyamuk Anopheles. Ragam dari Plasmodium falciparum dari parasit ini bertanggung jawab atas 80% kasus dan 90% kematian.

Skulus hidup nyamuk malaria yang aku ambil dari “Penanganan Terkini Malaria Falciparum oleh Umar Zein, Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera utara”:

Siklus malaria

Yang menjadi masalah dari penyakit ini adalah resistensinya terhadap obat anti malaria…..Oh tidak!!!! Aku juga sempat konsultasi ke dokter ahli penyakit dalam yang menangani diriku sewaktu kena serangan “gejala liver”. Dia sih malah ketawa waktu aku minta disuntikin atau obat pencegah/ anti malaria.

Aku: Dok, aku kan ntar lagi mo ke Irian nih. Katanya disana daerah endemis malaria, jadinya aku minta disuntik + obat anti malaria.

Dok: Wakakakaka…..Udah nggak bisa lagi, zuckh. Coba deh kamu datengnya lebih cepat sedikit.

Aku: Maksudnya, stok obatnya udah habis ya dok…?

Dok: Bukan, maksud saya, coba kamu datangnya 10 tahun yang lalu…

Aku: Hah….%^&*^$#%$

Dok: Gini yah zuckh, tu nyamuk udah jadi DR lho sekarang, jadi nyamuk ini pande banget berevolusi. Klorokuein, udah nggak mempan. Dulu sih kita masih pake Kina, tapi beberapa tahun kemudia udah nggak mempan, sekarang dicoba pake klorokuein, eh sekarang malah udah nggak mempan.

Aku: Nah, lho sekarang aku musti gimana dok???

Dok: Yah yang jelas kamu musti rajin masuk Gereja….

Aku: Dok…., plz deh!!! Aku udah rajin kok, kalo nggak percaya tanyyain ama adekku…

Dok: Lalu, kamu musti siapkan diri, mulai dari hilangin kebiasaan insomnia kamu, terus lanjutin ulang tuh fitnes kamu alias olahraga musti teratur. Coba deh liat perut kamu. Udah buncit tau….

Aku: Ok deh bos…terus???

Dok: Jangan suka tidur saat pagi hari atau sore hari. Itu kebiasaan kebo kamu kan???

Aku: hah…..????

Dok: di tempat tidur kamu pake kelambu, lebih bagus yang mengandung insektisida. Pake lotion, pake obat anti nyamuk, pake lengan panjang kalo keluar rumah..

Dok: Dan yang terutama, jaga kondisi tubuh jangan sampe drop. Ingat makan tu penting banget. Dan juga selalu bersihkan kondisi sekitar kamu. Ngerti….??

Aku: banyak ya Dok?? Tapi aku nggak dapat resep vitamin2???

Dok: Nggak, ntar jadi kebiasaan. Itu kayak doping lho. Dan kalo di konsumsi terus menerus ntar bisa kecanduan dan ilang deh kebiasaan tubuh kamu untuk memproduksi antibodinya. Jelas…???

Aku: Dikit seh yang jelas. Tapi oke deh Dok…! Thx ya….!

Jadi begitulah, nggak ada obat. Dan yang diperlukan cuma persiapan akan kondisi tubuh yang fit. Ringkas yah….???

#pada nonton debat Cawapres tadi malam…?? Keren yah nih Pak Prabowo. Selalu membela rakayat kecil. menggigit banget….!!! Di tunggu lho Pak REALISASI ucapan dan perhitungan para tim ahlinya…… tapi buat Pak Boediono…it’s cool man. Tetap sabar walau adu serang ama Pak Prabowo. Selalu memandang yang realitis, nggak muluk-muluk. Buat Pak Wiryanto….??? Bapak banget…..Keren dan Kharismanya coy. Lebih cepat lebih baek aja deh Pak akan janjinya…..!!!

#Beneran yah tu video “ciuman” yang ditayangkan silet tadi???? Trus Pak “Pakar Telematika” itu nganalisanya pake apa? Bagiin dong videonya…..plz. Biar pakar zuckh analisa menurut metodenya.

Iklan

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman. Tandai permalink.

2 Balasan ke Malaria oh malaria…

  1. Juliawan berkata:

    wao ceritanya keren juga sob ^^ hehe,lam kenal ya sob ^^

  2. zuckh berkata:

    oh thkx….salam kenal juga. Maaf kelamaan balas habis, susah cari warnet yang cepat trus gratis. wakakakaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s