Kursus Online Gratis SAP 2000


update “11 Februari 2010”, untuk link Kursus Online Gratis SAP 2000 udah nga ada lagi, nggak tahu ya, kenapa, hiks…hiks..hiks…

“Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk belajar. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dan belajar dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.” itulah kalimat awal yang kubaca sewaktu membuka halaman Kursus Online Gratis SAP 2000. Penasaran? coba saja buka halaman <sori udah tidak ada lagi tuh>

Mekanika rekayasa klasik atau biasa aku menyebutnya “TM” merupakan sebuah mata kuliah yang menjadi andalan di Fakultas Teknik. Sakin vitalnya, mata kuliah ini mempunyai syarat kelulusan yang paling tinggi. Hampir semua mata kuliah terikat akan syarat kelulusannya. Tak heran mata kuliah ini juga sering menjadi momok yang menakutkan bagi kalangan mahasiswa. Sehingga untuk mengatasi kekuatiran oleh mahasiswa akan “beratnya” mata kuliah ini, pihak Jurusan Teknik Sipil UNSRAT, menempatkan dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman.

Dibalik “keribetan” Mekanika Rekayasa, tersimpan “kemudahan” bagi para Sarjana Teknik untuk menentukan pilihan akan sebuah profil, jenis material, pemakaian tulangan/ besi, bahkan kita juga dengan mudah menentukan tipe struktur yang kuat namun ekonomis. Kekuatan, Kestabilan, Kenyamanan, Keamanan dan Keekonomisan adalah hal wajib bagi cendikiawan Teknik Sipil. Dan motivasi itulah yang menjadi doktrin cendikiawan Teknik Sipil untuk masuk dalam jenjang professional.

Nah lho, kalo udah ada program SAP 2000, terus untuk apa lagi kita “memusingkan” diri dengan mekanika klasik? Hmm….awalnya aku juga berpikir seperti itu, dan pemikiran awalku ini ternyata menjadi boomerang yang menyakitkan. Bagaimana tidak, dulu sewaktu mengerjakan tugas struktur kayu (rangka batang sederhana), SAP 2000 aku percayakan untuk menganalisa gaya-gaya dalamnya, namun karena “kecetekan” akan mekanika rekayasa, dosen assistenku memarahiku, katanya: “Kamu itu udah pemalas, sok tahu lagi pake SAP 2000. Masakan di rangka batang ada momen?” Bukan itu saja, dalam tugas Bangunan Industri-Struktur Baja II, portal gable, malah aku kerjakan layaknya struktur rangka. Dan alhasil, aku kena marah dan seluruh mahasiswa yang mengerjakan tugas ini dilarang pake SAP 2000.

Sebenarnya masih banyak “kebodohan” yang kulakukan karena “sok tahu” pake SAP 2000. Takutnya kalo aku ketik semua, ntar malah ditertawain, wakakakaka….Tapi lain dulu lain sekarang, akibat pengalaman masa lalu, aku kembali mengulangi materi makanika rekayasa, aku banyak belajar dari dosen-dosenku, seniorku, Arter Heydemans atau dipanggil wa’x dan Roy Singal yang baek hati mengajarkan SAP 2000, gratis lagi. Ternyata banyak sekali yang aku lewatkan, misalnya alasan perbedaan hasil antara metode cross dengan matriks kekakuan, apa lagi dengan SAP 2000. Lalu metode desain beton bertulang pada cara manual dan SAP 2000, desain manual struktur baja dan SAP 2000. Belum lagi mengenai penggunaan metode riwayat waktu, respon spectra dll cara manual dengan SAP 2000, belum lagi kalo pengen desain jembatan, pemahaman akan garis pengaruh yang didapat dari mekanika rekayasa musti “hebat”, soalnya untuk SAP 2000 versi profesionalnya/ comersil udah lain, dan cukup membuat kita pusing tujuh keliling. Semuanya kalo pengen mendapatkan hasil yang sama dan relevan, maka musti tahu dulu mekanika rekayasa.

Meskipun bagi kalangan beberapa teman dan seniorlu, aku dimasukan dalam kategori “paham” akan SAP 2000, namun sampe sekarang aku masih takut kalo ngitungnya cuma pake SAP 2000, aku musti membandingkan hasil analisanya dengan perhitungan manual (pake matriks kekakuan). Apalagi dalam urusan desain, oh jangan Tanya deh, musti aku kerjakan manual dulu baru pake SAP 2000. Begitu pula dalam skripsiku, SAP 2000 hanya sebagai pembanding program “CO2_matrix” yang aku buat dan analisa manualnya. Yah memang agak menjemukan dalam proses membandingkan hasil, namun sekali lagi, itu dikarenakan karena belum dewasanya aku akan pemahaman mekanika rekayasa.

Jadi dari pengalaman ku diatas, bisa aku simpulkan, tahu dulu mekanika rekayasa baru pake SAP 2000. Karena SAP 2000 hanya sebuah alat hitung, hanya sebuah alat bantu. Kitanyalah yang pada proses input dan output musti ngerti. SAP 2000 mengolah data berdasarkan input dari pemakai, nah kalo salah input karena masih “cetek” ilmu mekanika rekayasa, ntar bisa gawatkan hasilnya? Bisa diragukan lagi predikat Sarjana Teknik.

Selain paham akan mekanika rekayasa, latihan dan pengalaman terus menerus akan membantu kita untuk menggunakan SAP 2000. Bisa lewat kursus atau belajar otodidak. Banyak buku yang membahas tentang SAP 2000, tapi diantara beberapa buku tersebut, karangan Pak Wiryanto Dewobroto paling asik untuk dipelajari, selain diberikan studi kasus, kita juga diberikan pemahaman akan Engineering Judgement. Keren pokoknya. Tapi kalo untuk referensi penambah, buku-buku karangan lain oke juga….

Nah bagi teman-teman yang pengen menambah pengalaman akan SAP 2000 silahkan bergabung dengan Kursus Online Gratis SAP 2000 dan tentunya jangan lupa terus menerus pelajari mekanika rekayasa.

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Sharing Knowledge, Teknik Sipil. Tandai permalink.

10 Balasan ke Kursus Online Gratis SAP 2000

  1. @hmad berkata:

    ga mudeng……

  2. firmansyah berkata:

    btw, Kursus Online Gratis SAP 2000 nya tidak dibuka lagi kayaknya ya…
    oh iya, saya boleh minta “CO2_matrix”nya ga?🙂

  3. zuckh berkata:

    Waduh, saya juga baru tahu itu mas. Maklum udah tiga bulan lebih saya nggak browsing internet. Maklum lokasi kerja saya sekarang jauh dari dunia googling.

    Boleh saja, ntar aku taroh di halaman arcieve. Tapi mohon maaf lho, kalo programnya belum sehebat program lainnya. maklum masih amatiran. hehehehe

  4. Hasan Hamid berkata:

    kursus sap kayanya dah coid alias gak ada tuh linknya?

  5. tpmpsda berkata:

    aduh… saya baru mau belajar sap 2000… udah ilang… Mas Zuckh…aku minta TOLONG dia ajari sap…
    soalnya malu juga kalo ngga tau Sap 2000.

  6. aria_putra berkata:

    salam kenal saya m.aria putra teknik sipil unand saya sudah lama mencari buku SAP 2000 Wiryanto Dewobroto tetapi tidak ketemu di toko buku, bolehkah saya minta tolong di copy kan buku tersebut, nanti saya ganti uang copyan nya. (aria_gethol@yahoo.co.id)

    • zuckh berkata:

      Halo Mas Aria, saya rasa menggandakan buku itu dilarang dimata hukum. Karena menyangkut hak Cipta. Aku sendiri juga sudah jarang menemui buku karangan pak Wiryanto Dewobroto, khususnya yang membahas tentang SAP dan Visula Basic. Mungkin ada baiknya coba kunjungi blognya http://wiryanto.wordpress.com/

      Selain itu, banyak juga kok tersedia artikel menarik mengenai SAP di di Internet. Coba manfaatkan Google.

      Trims

  7. ari wibowo berkata:

    kursus on line nya bisa di adakan lgi gak mas zuckh banyak temen2 yg pengen blajar SAP000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s