WOC & CTI Summit Manado 2009, awam berkata 1


Puji Tuhan, tiba juga giliran Manado untuk berunjuk gigi di ajang Internasional. World Ocean Conference (WOC) atau Konferensi Kelautan Dunia dan Coral Triangel Initiative Summit (CTI-Summit) atau Pertemuan Tingkat Tinggi Segitiga Terumbu Karang menunjuk Manado sebagai tuan rumah yang diselenggarakan pada tanggal 11 – 15 Mei 2009.

Sejauh yang aku ketahui dari beberapa percakapan dengan masyarakat Manado, masih banyak diantara mereka yang tidak mengerti dengan kegiatan WOC maupun CTI-Summit. Dari paradigma yang aku tangkap, kegiatan ini hanyalah kegiatan untuk mem-BALI-kan MANADO atau dengan kata lain menempatkan Manado sebagai gerbang utama masuknya turis luar/ tujuan pariwisata Indonesia.

Memang tidak ada yang salah dengan paradigma ini, toh juga pemerintah Sulawesi Utara, dari jauh hari telah mencanangkan Manado sebagai kota pariwisata tahun 2010.

Pertemuan Tingkat Tinggi Segitiga Terumbu Karang (CTI-Summit) dimaksudkan untuk membicarakan dan mengambil langkah bijak mengenai penyelamatan terumbu karang. Seperti yang kita ketahui,terumbu karang perlu diselamatkan karena terumbu karang merupakan rumah bagi mahluk hidup dalam air dan tentunya terumbu karang juga bagian dari kehidupan manusia untuk menangkal dan mencegah pemanasan global (global warming). Dari inisiatif murni bangsa Indonesia, mengajak 5 negara lainnya untuk bergabung, yakni: Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Salomon dan Timor Leste, serta dua negara peninjau, Amerika Serikat dan Australia.
Luas segitiga terumbu karang yang meliputi enam negara itu sekitar 75 ribu kilometer (km) persegi, memiliki sebanyak 500 spesies terumbu karang, dan dihuni sekitar 3000 spesies ikan.
“Segitiga terumbu karang itu dikenal dengan Amazon of The Seas, karena memiliki keanekaragaman hayati paling kaya di bumi ini,” kata Presiden SBY.

dikutip dari kompas.com

Konferensi Kelautan Dunia (WOC) adalah pertemuan tingkat tinggi kepala pemerintah yang memiliki wilayah laut dan pantai atau menjadi bagian dari komunitas kelautan dunia. Tujuannya adalah untuk membahas pengelolaan kelautan , perikanan dan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan secara linta sectoran. WOC dilaksanakan karena:

  1. Penurunan secara kulitatif dan kuantitatif sumber daya kelautan dan perikanan, antara lain, terjadi penangkapan yang berlebihan, pencemaran laut dan global warming.
  2. Laut sebagai masa depan yang diterima secara absolut untuk menunjang masa depan (perubahan paradigma).
  3. Kecenderungan terjadi masalah geopolitik bersumber dari laut

Ada beberapa isu yang akan diangkat dalam WOC 2009, antara lain:

  1. Kebijakan dan pengelolaan kelautan/ Ocean Gevernance dan Management.
  2. Lingkungan kelautan yang berkelanjutan/ Ocean Environment and Sustainability.
  3. Pengurangan/ pencegahan bencana laut/ Ocean Disaster Mitigations.
  4. Laut sebagai garis perbatasan/ Ocean as a next Frontier.
  5. Pengelolaan Terumbu Karang/ Coastel Management.
  6. Areal Pertahanan Negara, Hormat menghormati dan pokok persoalan akan perkapalan/ Marine Protected Areas, Legal Aspects and Shipping Issues.

dikutp dari woc2009-manado

Oke, supaya nggak kepanjangan dan aku udah ngantuk, aku sudahi tulisan ini dulu yah…Ntar dilanjutin!!!

woc

marijo torang sukseskan “WOC & CTI Summit”.

Manado, 11-15 Mei 2009

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Manado, Pengalaman, Sharing Knowledge. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s