Ayo nge-RAB…!!


“Hah…?? Mahal banget biayanya, padahal 20 juta rupiah saja pasti selesai semua dalam waktu 1 minggu”

Yah begitulah kalo kita terjun dalam dunia professional Teknik Sipil baik itu Kontraktor ataupun Konsultan. Banyak sekali kecurigaan akan keserakahan mencari keuntungan besar yang terbenam dalam pemikiran Owner atau pemilik pekerjaan terhadap Kontraktor. Sakit hati..?? Jelas ya, tapi kalo kita menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti orang awam (tidak memiliki latar belakang pendidikan teknik sipil), aku rasa hal ini dapat dihindari.

Ceritanya, owner meminta kita buat menghilangkan tanah timbun dan taman (dibongkar)-bagian A, terus tanah timbun yang dibongkar tadi di tambun di bak taman yang baru, terus diplester dan diaci-Bagian B. Baru deh di pasang paving stone pada bagian taman yang lama-Bagian C. Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat HPS antara lain:

rab-paving-stone-031 Buku panduan tentang RAB yang dijual bebas (sebagai perbandingan)

  1. Referensi Tata Cara Perhitungan Harga Analisa Pekerjaan (SNI, aku udah siapkan dihalaman arcieve). Ini digunakan sebagai patokan, karena udah dibuat standar oleh PU. Jadi tidak ada salahnya kalo kita pake ini sebagai patokan untuk “memodifikasi”….Kan masih “hijau”, hehehe…. 🙂
  2. Daftar harga material. (wow ini penting dan kadang – kadang membingungkan. Kenapa?? Ntar aku jelaskan…)
  3. Gambar denah, potongan dan detail. (Sketsa juga boleh, tapi musti jelas…). Ini berguna buat ngitung volume pekerjaan.
  4. Kalkulator (buat menghindari kemalasan dalam menghitung…:-) )

Nah langkah pekerjaannya:

  • Tentukan urutan pekerjaan

    Ini sangat berguna dalam menentukan durasi pekerjaan. Semakin baik kita menentukan urutan pekerjaan, maka semakin efisien pekerjaan kita dan tentu saja ini berguna buat menghemat anggaran kita. Dalam prakteknya, urutan pekerjaan juga dapat memberikan kita solusi atas pekerjaan yang harus dipercepat atau ditunda karena suatu hal lainnya. Contoh urutan pekerjaan yang aku buat:

  1. Dinding (pasangan bata), tanah timbun dan taman dibongkar – Bagian A
  2. Buat bagian B, selanjutnya bongkaran pada bagian A di tambun pada bagian B
  3. Pemasangan pavingstone, bagian C
  • Analisa volume pekerjaan

    Yah, ini salah satu bagian yang cukup mengasah otak. Karena kita musti mengetahui rumus bangun datar dan bangun ruang. Ini sangat berguna untuk mendapatkan harga pekerjaan nantinya, oleh karena itu kita harus teliti dan menggunkan logika kita dalam menghitung analisa volume pekerjaan. Bukan cuma nilai esak saja yang kita perhitungkan, namun nilai – nilai penyusutan volume pekerjaan juga harus dipertimbangkan.rab-paving-stone-001

  • Analisa harga satuan

    Wuih, panjang juga perjalanan kita ini ya….??? Yah begitulah, memang tidak mudah untuk menjadi ahli dalam dunia teknik sipil.

    Maksud dari analisa harga satuan adalah untuk mendapatkan berapa besar biaya pekerjaan per satuan unit pekerjaan. Misalnya kita ingin membangun dinding dengan luas pekerjaan 30 m2 dan biaya pekerjaanya adalah 30 juta. Maka untuk 1 m2 pekerjaan dinding adalah sebesar 1 juta rupiah.rab-paving-stone-011

    Dalam analisa harga satuan kita juga memiliki koefisien. Koefisien ini di dapat dari pengalaman/ kebiasaan dan penelitian dan juga standar fabrikasi (bila kita tidak menggunakan pekerjaan konvensional/ pekerjaan tanpa alat – alat berat/ masih manual). Oleh karena itu, koefisien ini tidaklah baku, sehingga kita dapat memodifikasikannya sesuai keperluan. Seperti yang aku katakan sebelumnya, penentuan koefisien tidak boleh sembarangan, karena dapat menentukan besar kecilnya harga satuan.

  • Rekapitulasi biaya pekerjaan

    Nah, setelah volume pekerjaan dan analisa harga satuan kita peroleh, barulah kita membuat rekapitulasi biaya pekerjaannya. Cukup gampang, tinggal mengalikan volume pekerjaan dengan analisa harga satuan. Lalu sub item pekerjaannya di tambahkan.rab-paving-stone-02

  • Markup dan markdown

    Ini merupakan tahap terakhir dalam pembuatan RAB. Maksud dari Markup adalah teknik untuk menaikan harga dan Markdown adalah teknik untuk menurunkan harga. Ini dilakukan dalam proses penawaran dari pihak penyedia jasa kontraktor. Dan ini wajib dilakukan, bukan untuk melakukan kecurangan, namun untuk membuat suatu strategi dalam penawaran. Yah, di dalam tahap ini, seorang estimator yang bijaksana wajib mengetahui rumus – rumus mengenai ilmu statistika atau ilmu peluang. Hal ini juga disebabkan karena banyaknya perbedaan harga material di pasaran dalam suatu daerah. Sehingga kita dapat membuat suatu trend, penyimpangan yang terjadi dan juga tentunya prediksi. Namun untuk pengguna awam, aku rasa bagian ini tidak perlu dipusingkan karena ini hanya terjadi dalam proses penawaran oleh penyedia jasa. Jadi kalo cuma bikin rumah sendiri, nggak perlu kan???

Dan bila ada yang berminat mempelajari atau hanya sebagai referensi penyususnan RAB di atas, anda dapat mendonlot di sini atau disini.

Iklan

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Sharing Knowledge. Tandai permalink.

10 Balasan ke Ayo nge-RAB…!!

  1. wian berkata:

    Bung Zuchk, thank’s atas infonya, sangat berharga sekali. Oh ya salam kenal. Saya minta tolong untuk lebih dijelaskan mengenai koefisien HSP. Gimana cara menghitungnya?? Maklum masih baru nih di dunia estimasi. Thank’s a lot.

    • zuckh berkata:

      hai wian…..
      Maaf ya kalo aku baru dapat merespons komentarmu terhadap artikel yang aku buat. Karena saat ini aku sementara disibukan untuk membuat format penyelesaian tugas struktur beton bertulang untuk plat dua arah dan format penyelesaian tugas jembatan. Selain itu aku juga sementara memasukan lamaran-lamaran pekerjaan.

      Aku sangat senang dan bangga bila artikelku ini dapat sedikit memuaskan dahagamu akan dunia Estimator Teknik Sipil dan kiranya juga berlaku untuk orang lain.

      Setelah pekerjaanku selesai, aku akan membuat sedikit tulisan khusus tentang pertanyaanmu, dan aku akan membahasnya menurut kacamata seorang konsultan desain. Ditunggu dengan sabar yah…..

  2. Christovich berkata:

    mas..
    mo numpang tanya dong..
    situs apa yach yang nyediain daftar lengkap koefisien untuk setiap analisa pekerjaan yang bisa di download ya mas??
    oia,,
    makasih ya sebelumnya..

    • zuckh berkata:

      Yah di situs Departemen Pekerjaan Umum dong. Tapi kadang-kadang situs tersebut sering crash saat aku coba buka.

      Ah, tapi untuk seluruh daftar koefisiennya, kamu juga bisa cari di situs BSN atau SNI. Atu kamu search saja di google, ketik analisa harga satuan atau SNI. ketemu deh….

      Semoga membantu…

  3. joseph berkata:

    boleh kenalan???

  4. Kresna P Leatemia berkata:

    HORASS,,,,
    Hellow bang,,pa kabar??
    td qt da smntra cari” koef. utk analisa harga satuan,,trus pas da search di google,,malah ktemu abang pe blog….hehehe..
    thanx utk info2x..
    sukses terus,,, VIVA FATEK…VIVA ENGINEER…!!!!!

    • zuckh berkata:

      horas juga…pa kabar???
      Analisa harga satuan ya…? Yang apanya? SNI ABK? Abang sih punya, tapi agak susah kalo mo di upload, yah kau taulah, agak lelet warnet disini….

      Kalo nggak, coba kamu cari di website BSN atau masuk di PU. Kalo yang ABK, udah ada yang barum yaitu tahun 2008. ada 11 ANI ABK yang telah diterbitkan. selamat donlot ya….

  5. kresna berkata:

    yo’i bang…
    ok thx..qt so dapa..
    ada salam dari anak2 pengurus HIMAJU Sipil yg baru..
    GBU n Famly..

  6. totok berkata:

    om bs tolong lampirin koefisien2 ny gk.. aku bingung di tiap koefisien pekerjaanny,,kadang ada yg sama ada jg yg beda padahal jenis pekerjaanny sama. yg BOW and SNIny om..plz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s