GMKI Manado, Domba atau Kambing…?


Udah pada tahu dong tentang kedua hewan di atas. Kalau bicara tentang santap – menyantap, kayaknya kambing lebih familiar di perutku ketimbang domba. Dan memang sampai sekarang aku belum pernah menikmati domba yang diolah dalam bentuk apapun. Tapi kalau kambing jangan tanya..!

Mengenai perbedaan antara domba dan kambing (aku kutip sebagian informasi dari sini, sini, sini, dan sini)


Pemisahan domba dan kambing berkaitan dengan perbedaan karakter mereka. Domba bisa ditaruh di tempat terbuka karena mereka akan saling menghangatkan satu dengan yang lain dengan cara saling berdempetan. Dengan cara ini, mereka menjadi hangat. Akan tetapi kambing, hewan yang sangat individualis, tidak punya kebiasaan untuk saling berdempetan. Mereka baru mau melakukannya jika anda memaksa, karena jika ada pilihan maka mereka lebih suka untuk bertindak semaunya sendiri, saling menjauhi. Akibatnya, mereka tidak bisa saling menghangatkan dan perlu ditempatkan di dalam kandang pada malam hari. Itu sebabnya mengapa para gembala memisahkan domba dan kambing di petang hari.

Domba, dalam lingkungan kelompok merupakan binatang yang sangat senang berkelompok. berbeda dengan kambing, yang konon berasal dari daerah pegunungan. Kambing itu makhluk soliter, namun begitu kepintarannya jangan dipandang sebelah mata. dan dengan demikian, banyak orang beranggapan domba merupakan hewan yang kurang cerdas.

Mungkin bisa dibilang begitu. Konon, istilah leadership berasal dari kata leader yang berarti “memimpin” dan sheep yang berarti “domba”. ada suatu pendapat bahwa kegiatan memimpin domba ini merupakan kegiatan yang paling merepotkan, karena domba yang berkerumun sulitnya lebih daripada memimpin satu garnisun. memimpin domba yang bisa dibilang menggembala domba inilah yang kemudian bagi para ahli teologi dipandang sebagai sebagian langkah dari prophechy.

Dalam ibadah cabang perdana GMKI Manado, di kediaman SekFung Kerohanian (Sdr. Abe, begitu orang menyapanya) oleh salah satu senior GMKI Manado (Pdt….Rerar, S.Th), GMKI Manado pun diingatkan peranannya dalam kehidupan di 3 medan pelayanannya, karena sekarang banyak para anggota maupun BPC GMKI Manado memiliki pola hidup layaknya “kambing”, sudah mulai meninggalkan rutinitas berkelompok dalam PA maupun sel pelayanan lainnya. Pola hidup humanism dan individualism ternyata sudah meluai merusak jiwa luhur dalam pelayanan ber GMKI.


Melalui bahan khotbah dan renungan, Yohanes 10 (Gembala Yang Baik), seluruh anggota GMKI Manado diminta untuk mempelajari kembali pengertian akan mengajak, membina dan mengutus, sesuai dengan misi dari GMKI itu sendiri. “Bagaimana kita bisa menjadi seorang pemimpin (leadership) bila kita sendiri belum bisa merubah pola hidup pelayanan kita…?”


Oleh karena perbedaan karakter (domba dan kambing) maka, Yesus lebih memilih menggunakan perumpamaan domba ketimbang kambing. Karena Yesus tahu bahwa manusia yang diciptakanNya adalah mahluk yang berkelompok/ berkomunitas. Manusia memiliki akal dan budi untuk membentuk suatu hubungan (relationship) yang saling menguntungkan satu sama lain. Bukan saling menjatuhkan. Rasa persaudaraan tumbuh karena terbentuknya hubungan saling melindungi dan melengkapi. Namun kecenderungan untuk saling melindungi dan melengkapi antara sesama manusia, kini mulai terkikis seiring dengan perubahan zaman.


Dalam kesempatan ini, GMKI Manado melantik panitia “DIES NATALIS GMKI 59”. Walaupun baru dilantik, namun kegiatan DIES NATALIS oleh panita telah berjalan mulai dari 2 minggu yang lalu. Sayangnya, panitia yang hadir untuk dilantik hanya beberapa orang, mungkin dikarenakan kesibukan atau kurangnya informasi. (atau karena udah jadi kambing…kakakakakakak…just kidding pren… 🙂 )


Tantangannya, apakah GMKI Manado mampu merubah karakter kambing menjadi domba…?

Iklan

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di GMKI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s