Genarasi Baru minat Management…


Ternyata persimpangan bukan hanya ada dalam prasarana lalu lintas, namun dalam pilihan hidup, persimpangan selalu nampak walau manusia berusaha menghindarinya. Pilihan hidup memang banyak, dan kita hanya bisa memperkirakan bagaimana akhirnya.

Ada beberapa catatan menarik untuk kita pelajari bersama dan mungkin juga bisa memberikan motivasi bagi kita semua untuk merasakan kehangatan dunia mahasiswa. Hanya sekedar intermezo saja, dunia mahasiswa merupakan dunia yang jauh berbeda dengan dunia siswa (TK, SD, SMP dan SMU/SMK). Karena dalam dunia mahasiwa, kita diberikan kesempatan untuk memilih sesuatu yang kita minati dan belajar untuk bertanggung jawab akan setiap pilihan yang kita ambil.

Fakultas Teknik Jurusan Sipil UNSRAT, merupakan Fakultas yang selalu menjaga kualitas akan pendidikan mahasiswanya, mulai dari kulitas pendidikan, pengalaman hingga kualitas organisasi kemahasiswaannya. Hingga tak heran, tiap tahun Fakultas Teknik Jurusan Sipil selalu menjadi rebutan bagi calon mahasiswa dari SMU/SMK manapun. Padahal kita tahu sendiri, tidaklah mudah untuk masuk, belajar hingga mencapai gelar sarjana di Fakultas Teknik Jurusan Sipil. Mahasiswa selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan dan rintangan. Sehingga diperlukan mental yang tinggi untuk mengahadapi semuanya.

Mungkin karena berbagai pilihan dan rintangan yang sering dihadapi oleh mahasiswanya, tanpa disadari telah tumbuh generasi baru yang selalu menjaga existensi kualitas dari disiplin ilmu Teknik Sipil. Persahabatan yang terbina oleh kerasnya dunia kampus, membuat mahasiswanya selalu berpikir kritis dan berusaha untuk memberikan solusi lewat kerjasama tim yang solid.

Hal ini dibuktikan dari Ujian Proposal Judul Skripsi dari kelompok minat Management. Ada 3 konsep judul yang menarik perhatian mahasiswa yang menyaksikan Ujian Proposal Judul tersebut, yakni konsep mengenai Strategi Penawaran, konsep AHP dan Nilai Optimasi Proyek. Memang bukan hal yang mudah dan bukanlah hal yang baru untuk dipelajari oleh mahasiswa S1. Dibutuhkan kerja keras dalam mengumpulkan data, mengolah data, studi perbandingan hingga peramalan.

Suatu strategi cermat dibutuhkan untuk menyelesaikan tiap permasalahan yang dihadapi. Diskusi – diskusi kecil tiap kelompok sangat berguna demi mewujudkan kesuksesan. Karena dalam Ujian Proposal Judul Skripsi di Fakultas Teknik Jurusan Sipil, Tim Penguji akan selalu mempelajari dan menjaga alur konsep guna kebaikan mahasiswanya dan mereka adalah dosen – dosen yang memiliki pengalaman dan wawasan yang luas pada bidangnya.

Selain berdiskusi dengan sesama teman, diskusi dengan dosen penguji dan pembimbing juga dibutuhkan guna menjaga kualitas dari Skripsi yang akan dibuat. Sehingga mahasiswa tidak akan keluar dari nilai – nilai batasan yang ada. Beberapa pengarahan dan petunjuk penyelesaian pun selalu diberikan oleh dosen penguji dan pembimbing.

Layaknya Ujian Proposal Judul Skripsi, tahapan akhir untuk mencapai gelar sarjana teknik adalah Ujian Sidang Sarjana. Perbedaan yang mencolok dari Ujian Proposal Judul Skripsi adalah sifat tertutupnya. Karena ini merupakan ujian akhir bagi mahasiswa, maka tidak ada mahasiswa yang diperbolehkan untuk menyaksikan/ mengambil gambar/ mendekati ruang ujian selama ujian berlansung. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kemandirian mahasiswanya dalam menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji dan untuk menjaga kualitas hasil sarjana yang akan diperoleh.

Alhasil, walaupun banyak persimpangan hambatan yang disinggahi untuk dipilih, kesemuanya itu hanyalah sebuah bekal pengalaman dan proses pembelajaran menuju dunia professional Teknik Sipil. Pilihan yang kita ambil merupakan tanggung jawab kita sendiri dan bila kita bijaksana dalam memilih, kebahagian akan dating walau sejenak.

Karena manusia tidak akan pernah puas dan terus selalu mencari persimpangan untuk dipilih…

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di CO2 and friend's, Pengalaman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s