[Matrix Kekakuan] Batang Miring…?


Selamat Tahun Baru 2009, kiranya damai sejahtera dari Tuhan selalu menyertai tiap rencana kita. Amin…!

Wah udah tahun baru tapi skripsiku belum kelar – kelar juga. Padahal tinggal perbaikan buat ujian sidang. Kayaknya, dampak kemalasan di tahun 2008 baru terasa di awal tahun 2009…..Baru nyesal…

Dan karena udah kelamaan liburan (libur Natal + Tahun Baru), jadinya otak-ku perlu pemanasan dikit (maklum udah ke-“tono” ama “tawa2” babi, kukis2 natal, softdrink, sampe alcohol). Biar bisa menyesuaikan lagi dengan iklim penulisan skripsi, kakakakaka….! Baru aja baca – baca kembali tu skripsi, eh udah nongol gerombolan temanku (tanpa diundang, masuk tanpa permisi dan pake acara minta makan pula…!) di kamar tercintaku ini. Hayo ngaku, siapakah kalian itu…?

Biasalah, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil UNSRAT, awal tahun kayak gini, adalah hari2/minggu2 sengsara. Ya, karena pada masa ini ujian semester berlansung (curang banget, padahal di fakultas lain mahasiswa mereka masih nyantai2 aja). Artinya, tugas – tugas besar musti kelar. Persoalannya, nggak mungkin bisa lulus mata kuliah (min D), kalo tugas – tugas besar belum kelar. Dan parahnya, semester ini ada mata kuliah + tugas besar Rekayasa Gempa…ck..ck..ck..ck..!

Dan, ujung – ujung dari rekayasa gempa (setelah mengolah data, terus dapat gaya geser dasar, terus simpangan, ragam dll) adalah mekanika rekayasa. Merupakan mata kuliah yang merepotkan untuk di analisa manual (yah, secara elemen struktur yang akan di analisis sangat banyak). Persoalannya, dosen nggak kasih hitung pake prog SAP 2000 atau ETABS atau STADIII. Yang boleh cuma pake prog spredsheet, kayak excel,….ck…ck…ck..ck…!

Persoalan yang mereka hadapi adalah : beberapa elemen struktur (batang) adalah miring (ada perbedaan elevasi antara join awal dengan join akhir pada suatu elemen). Sedangkan persoalan yang kuhadapi adalah : kerepotan buat bantuiin menjelaskan sampe ngerti ke mereka semua. Dan jadilah, kuputuskan buat buatnya pake ms excel’07. Maksudnya biar mereka tinggal ganti gambar dan parameter beban horizontal dan sekaligus buat mereka ngerti secara “instant”

Contoh kasusnya :

(ribet kan liatnya…?, sama aku aja sampe pura2 nggak ngerti, kakakaka…!)

Sebenarnya buat memecahkan permasalahan elemen miring, kita harus memasukan matrix transformasi [T] ke formula matrix kekakuan [K]. Sehingga dalam penyelesaiaanya kita musti ngolah dulu dari matrix kekakuan local [k], trus tinggal di transformasikan ke matrix kekakuan global [K]. Kayak gini formulanya…


[T] = 

[k] =

[K] = [T]T[k][T]

[K]{} + {X} = {X’}

Hehehe…karena aku juga nggak hebat2 banget soal mekanika rekayasa, jadi menurutku formula diatas saja yang penting. Dan karena jantung dari skripsiku adalah matrix kekakuan, jadi nggak ada salahnya kan aku sedikit berbagi ilmu….

Kalo pengen donlot buat dipelajari, dikomentari dan buat tukar tambah ilmu, silahkan klik disini

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Sharing Knowledge. Tandai permalink.

Satu Balasan ke [Matrix Kekakuan] Batang Miring…?

  1. Andrey Prasetio berkata:

    terimakasih.. materinya sangat membantu.

    tapi link download nya sdah ngk bisa..
    file excelnya bisa di kirim k email saya ngk mas zuckh?
    mohon d kirim ya k email andreyprasetio@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s