Civil Community Party 4


[Nggak nyangka aja, gagasan untuk melanjutkan Perkemahan Himaju Sipil FT UNSRAT bisa berjalan hingga kini (2008). Banyak format acara yang berkurang dan banyak juga format acara yang tertambah dari konsep sebelumnya. Sebenarnya sih, kalo melihat tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mematangkan pemikiran calon sarjana teknik sipil dalam menghadapi tantangan dunia kerja.]

Yah, mungkin tujuannya benar tapi caranya yang salah. Karena hampir semua bentuk acara penerimaan anggota baru suatu organisasi memperkenankan cara kekerasan. Bila di lihat dalam sejarahnya, udah hampir 34 tahun HMJS berdiri dan udah 3 kali terjadi perubahan bentuk penerimaan anggota barunya.

  1. Periode 1 (1974 – ….?); kalo nggak salah (dari tuturan senior2) bahwa masa ini merupakan masa perpeloncoan yang sangat amat kejam, dimana unsur penanaman ke – Teknik Sipilan di warnai dengan warna kekerasan dan mengabaikan unsur kemanusian. Tujuannya sih untuk menanamkan mental, pemikiran yang kritis dan kreatif. Durasi kegiatan berlansung hampir 1 bulan.
  2. Periode 2 (…? – 2003); Masih mengikuti format perpoloncoan yang sama, namun sudah memisahkan diri dari kegiatan BISMABA yang ada di bawah SMFT UNSRAT. Durasi kegiatan 2 hari 3 malam. Dimana peserta diwajibkan harus menginap. Namun unsur – unsur penindasan udah mulai berkurang walaupun tetap ada. Penanaman anggota akan kegunaan dan masa depan HMJS lebih terasah. Menjadikan mahasiswa yang bermental baja, pengertian akan kerjasama tim yang terasah dan kemampuan memecahkan persoalan yang lebih kritis. Sayangnya pada tahun 2004, kegiatan ini dihapuskan oleh SK Dekan FT UNSRAT dan di pertegas dari SK Jurusan Sipil FT UNSRAT. Sehingga angkatan 2004 tidak satupun yang terdaftar sebagai anggota. Kegiatan ini dinamakan Perkemahan Himaju Sipil FaTek UNSRAT.
  3. Periode 3 (2005 – sekarang); merupakan perombakan format kegiatan secara menyeluruh. Menghapuskan kekerasan dan menanamkan pengertian akan peranan Teknik Sipil dan contohnya demi kemajuan bangsa. Kegiatan ini diberi nama Civil Community Party (CCP) Terbagi dalam 3 pengelompakan materi, yakni sebelum CCP, CCP dan sesudah CCP. Sasaran kegiatan adalah mahasiswa baru dan seluruh mahasiswa yang belum terdaftar dalam keanggotaan HMJS FT UNSRAT. Dalam prakteknya, kegiatan ini membawa dampak yang sangat besar bagi mahasiswanya itu sendiri dan sebagai barometer kegiatan bagi Himpunan Mahasiswa lainnya di lingkungan fakultas dan universitas. Pemberian materi, praktek lapangan dan tugas kelompok lansung di berikan oleh Pengurus, Senior dan Dosen.

Keunikan dari kegiatan ini adalah peranan Kakak Mentor dan Adik Mentor. Hubungan ini harus berlawanan jenis, maksudnya bila K’mentor cowo, adik mentor harus cewe dan sebaliknya. Tugas dari K’Mentor adalah membantu adik mentor bila menghadapi masalah dalam studi. Sehingga hubungan itu tidak pernah putus sampai kapanpun, baik udah lulus maupun masih sementara kuliah. Hubungan yang profesional pun harus tetap dijaga (walaupun kadang2 susah). K’mentorku angkatan ’99 orangnya cerewet, tegas, kreatif, nggak pelit ilmu dan paling sering ku mintain uang, hehehehe…🙂 Sekarang adik mentorku kayaknya mewakili kepribadian dari diriku. Aku punya 4 adik mentor 2 orang angkatan ’05 (satu pendiam dan yang satu lagi aktif dalam organisasi), 1 orang angkatan ’07 (hiks, hiks sayangnya udah pindah, tapi orangnya cerewet banget) dan ’08 (si bungsu yang sangat polos dan lucu, sekarang udah mulai menyukai bridge).

Selain itu, juga terdapat warisan yang terus di jaga sampai generasi sekarang. Yakni Doa dan Dosa. Keunikan dari Doa dan Dosa itu ialah untuk mengetahui seberapa aktif hubungan mahasiswa baru terhadap seniornya. Bila tidak dikenal, pemalu, tidak aktif dalam suatu organisasi, tidak mampu melakukan tugas yang diberikan dll, maka senior akan memberikan dosa dan sebaliknya. Kalo teringat akan hal ini, aku pernah mendapatkan 2 Dosa dari angkatan ’92. Dan sekarang aku punya hubungan yang sangat bagus dengan mereka, aneh….!

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di HMJS FT UNSRAT. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Civil Community Party 4

  1. Pimen berkata:

    Hub yg ane..,
    Jgn heran kmu kxak ’98
    Whaakaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s