Penyesalan ClamAv


Namun karena udah terdengar kabar bahwa jagoan anti virus gue (PcMav) udah nongol di dunia peredaran, gue lansung aja donlot dari salah satu sumber keperayaan baru gue disini. Pas, gue coba liat apa -apa aja yang ada dalam file yang gue donlot, ternyata file ClamAv dan teman – temannya juga ada. Dan, dengan percaya diri, gue lansung scan……………… Alhasil 3 trojan sementara asik nongkrong di memory komputer gue, trus 540 virus/trojan/worm sementara main catur dengan tenang di windows+partisi hardisk gue.

Menurut otak sederhana gue, ini aneh. Soalnya, kemaren – kemaren pas gue scan pake PcMav 1.6+build4+Clamav 0.93, virus/trojan/worm kagak pernah muncul. ditambah lagi, Gue sering banget update McAfee dan sering juga scan pake Ansav. Ditambah gue sangat preventif terhadap flash – flash nakal yang maen colok ke USB port komputer gue termasuk cd/dvd.

Selidik punya selidik (hehehe, keren juga bahasa gue….🙂 ), ternyata biang keroknya adalah si ClamAv 0.94.0.0. Dari semua virus/worm/trojan yang cuma nongkrong di memory sampe yang sementara asik maen bridge di HD gue di grebek sama si Biang kerok. Dan karena gue yang sementara terburu – buru karena mo makan gratis di Ultahnya Oki, cuek aja klik “cure file”. Beres deh….

Dan ternyata, itu cuma false alarmnya si ClamAv. Alhasil, beberapa file .exe gue jadi korban. Berikut daftar – daftar file .exe yang jadi korbannya si ClamAv:

  1. McAfee AVERT Stinger 3.4.9, McAfee Internet Security dan McAfee.VirusScan.Plus.2008
  2. WinRar
  3. FdGuard (salah satu program gratis dari AnsAv
  4. FireFox Mozila 3.00 English Version
  5. Ansav
  6. Convert (salah satu program buat convert satuan)
  7. Transtool (paradox) dan rekso Transtoll
  8. Program Baja + Beton (gue dapat pas ikut FKMTSI)
  9. Fluid Mechanics Simulations (program untuk ngitung simulasi dalam teknik hidrolika)
  10. KAJI (program buat ngitung kepadatan lalulintas dan trafic light)
  11. Yang lainnya gue belum chek…..

Ok, hampir semua program di atas, sebagiannya bajakan (hehehe…🙂 ), dan gratis. Tapi akibatnya sekarang gue yang stress buat merestroe program2 tersebut, parahnya sebagian besar gue belum backup ke cd/dvd.

Oh iya ini gua kase tahu linknya 7zip, buat dpengganti WinRar yang terhapus. Terus buat membersihkan program – program, yang beberapa filenya hilang akibat kerjaannya si ClamAv, cobain deh Ccleaner yang baru (ngaak kalah hebat lho dibanding Tuneup 2008). Kedua program tersebut gratis jadi jangan takut kalo terkena sangsi piracy.

Jadinya, buat tamang – tamang yang pengen scan pake PCMAV yang dikombinasikan pake ClamAv, kudu hati – hati. Bila ada program2 (yang menurut kalian program tersebut dipercaya aman) yang masuk dalam daftar “detect”, baiknya di sarankan hilangkan tanda centang di bagian kolom sebelah kiri. Key…?

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

