Piracy and Drunk


The flag of 18th-century pirate Calico Jack.

“Efek negative dari orang yang melakukan pembajakan terhadap hak cipta layaknya seperti orang mabuk”

Yap,…. gue rasa tepat dan identik!

Fokus topik kali ini gue arahkan ke efek sampingnya, jadi bro, kali ini gue akan berbicara dengan topik yang agak berat dan penuh dengan nuansa “serius”

Ok, pertama gue harus artikan dulu dong definisi “Piracy” dan “drunk”

Menurut Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Langsung ke: navigasi, cari

Pembajakan adalah kegiatan merampas barang atau hak orang lain.

Pembajakan umumnya di hubungkan dengan pembajakan kapal oleh bajak laut, walaupun sering terjadi pembajakan pesawat, bus dan kereta api. Selain itu ada juga pembajakan hak cipta yang berarti pemalsuan barang, merek, dan sebagainya

Mabuk, dalam pengertian umum, adalah keadaan keracunan karena konsumsi alkohol sampai kondisi di mana terjadi penurunan kemampuan mental dan fisik. Gejala umum antara lain bicara tidak jelas, keseimbangan kacau, koordinasi buruk, muka semburat, mata merah, dan kelakuan-kelakuan aneh lainnya. Seorang yang terbiasa mabuk kadang disebut sebagai seorang alkoholik, atau “pemabuk”.

Menurut Kamus Online Berbahasa Indonesia

KBBI.WEB.ID
kamus online

Pencarian yang mengandung kata Bajak

B bajak kk.penyamun atau pengacau di laut atau di dekat pantai; perompak; kb.perkakas pertanian yg terbuat dr kayu atau besi untuk menggemburkan dan membalikkan tanah; luku; tenggala;

P pembajakan kb.proses, cara, perbuatan membajak;

Pencarian yang mengandung kata Mabuk

M mabuk merasa pening kepala (hilang kesadarannya)

Menurut gue: Pembajakan-Piracy-Pirate, tindakan ilegal (melanggar hukum) dan merugikan hak cipta atau hak karya, dan gue akui (sebenarnya gue malu mo teus terang, karena ini aib…….), gue kadang kadang secara sengaja dan tidak sengaja (namun bukan hobi lho), mau atao tidak mau ( cari cara yang gratis dan instant-baca nggak “doi”-red) sering melakukannya dan menggunakanya, contohnya : OS kom gue bajakan, sebagian software gue bajakan, sebagian MP3,MP4 sampe MPEG gue bajakan, Bahan mata kuliah gue bajakan. Untung aja gue bukan anak bajakan, hahahaha sedangkan Mabuk-Drunk-Flying, tindakan manusia di luar batas kenormalan dan tidak sadar diri, namun bukan kerasukan lho atao gila, dan hehehehe (terus terang bagian ini yang sangat susah sebenarnya untuk gue ungkapin dengan alasan sederhana; malu – maluin coy}. ya ya ya, gue sering berulah dengan hal tersebut, tapi jujur lho sebaiknya DONT TRY that at HOME, kenapa…..? ya ialah, bagaimana kolo nyokap lo ato bokap lo dapetin lo sementara “teler”. Palingan yang terjadi adegan pertumpahan darah…..! ya nggak???

Pan……………………..jang kan? asal lo pada tau, gue ini sekarang dalam “serious mode on” dan pada mode inilah gue biasanya “ber api-api, burning” sampe sampe kalo lo bawa termometer (ngoni tau toh tu termometer, biasanya di gunakan for masak kukis di oven pada saat mo Natalan- Manado Hybrid Language)

Menurut lo…………..?

Nah ini dia gue mo jelasin panjang mar nda talalu lebar, yang jelas dan tidak singkat…!

Begini, kedua hal diatas sama – sama merugikan dan menyenangkan, artinya orang yang melakukan “Pirate” dan “Drunk” akan merugikan dirinya baik menurut kesehatan dan di mata hukum (wuih, berat nggak bahasa gue…?). Lebih parah lagi kalo ada yang melakukannya secara bersamaan (ini lebih sadis, soalnya gue belum pernah tuh…!), dan menyenangkan, karena apa…? (lo jawab sendiri aja deh-malas gue kumat ulang)

Dan yang paling gue heran, tulisan ini sebenarnya gue buat tadi malam (secara gue itu baru akan aktif bergerak pada malam hari, kayak vampir dan ini gue istilahkan menurut pemikiran gue yang sederhana dan agak kacau) di warnet tempat langganan gue, mar…………….., tiba- tiba aja jaringan internetnya terputus, spontan aja dong gue yang sementara “serious mode on” nanya ke yang punya

Yang punya sepertinya keturunan chinese, jadi gue panggil “Koq” pelanggan lain gue panggil nyong “Nyg1”, kasir gue panggil“Kasir” dan teman gue “Olan”

Gue : Koq…. (gue manggil dengan wajah berseri – seri), kom di sini kok nggak bisa donlot?

Olan : Iyo no koq, gue juga nggak bisa buka fs gue…. (wajah merah-kayak nafsu membunuh)

Koq : (Dengan wajah polosnya) Hmm….., emangnya lo, lo mo donlot apa, alah jangan2 bokep..!

Gue : (Dengan wajah menunjukan sikap protes), Wuissss, enak aja koq, gue mo donlot updatenya Mcafee

Olan : Kan udah gue bilang gue mo buka friendster (Wajah masih merah, tapi aura membunuhnya berkurang)

Koq : Lo udah benar nggak alamatnya (Dengan wajah pandang enteng)

Olan : Ya ialah, masa ya ia dong….!

Gue : Udah. kalo nggak percaya koq liat aja sendiri (gue sambil berdiri dan nunjuk ke layar kom)

Stelah itu mulai deh koq dekatin gue, geleng2 kepala trus mulai deh nekan2 tombol di keyboard, klik-klak-klik mouse, geleng2 kepala, melototi gue, garuk2 kepala, kembali pelototi gue, trus dia nanya ke pelanggan lain…..

Koq : Nyong…! lo bisa buka yahoo? (menyipitkan matanya)

Nyg1 : Nggak bisa nih koq, aneh ya….?

Gue : (dalam hati) Yang aneh itu mustinya elo, jelas – jelas nggak ada sambungan, tapi lo kok masih betah pelototi monitor lo, protes dong bantuin gue nyerang koq ini

Trus koq “bajalang-(Manado Conversation)” ke semua kom dan geleng geleng kepala trus menuju ke kom admin. trus dia nelpon tapi gue nggak denger dia bilang apa (jadi sori aje gue nggak bisa kasih tau ke pada lo pade), tiba2 aja wajah kok keliatan pucat dan ngeliatain gue

Gue : koq kenapa emangnya…? (penasaran)

Olan : (Geleng geleng kepala, dan bisik ke gue) gue curiga nih ama koq

Koq : (Kok nutup telpon dan mendekati gue), nyong sori ne keliatanya ni malam ada gangguan jaringan jadi ni warnet untuk sementara mo di close dulu, minta maaf ne….

Gue : (Protes), waduh kok…………! Ya udah lah (dalam hati gue, mudah2 an gratis….!)

Olan : (Sambil menatap hina), Will, berikut – berikut lo ajak gue ke warnet yang jelas ne, gue masih “tagantung” nih

Gue nyabut flashdisc, matiin kom, lenggang keluar ruangan melewati kasir…

Kasir : Nyong di kom nomor berap tadi?

Gue : What’s…….? Kan gue baru nggak lama pake, masa harus bayar. (gue tatap dengan penuh iba ke Olan)

Olan : Udah, udah nih….! kom 37 ama 39.

Gue dan olan keuar ruangan dan nyalaiin motor, trus koq melintas cepat ke arah kita. Spontan aja gue cegat

Gue : Koq bandwithnya bermasalah ya……? (sambil pake helm)

Olan : Hmm…….iya nih jangan – jangan ilegal (sambil nge-gas motrnya)

Koq : Iya nih, tadi temen dari polda da nelpon kayaknya ni malam Microsoft sementara razia. koq udah lama nggak perpanjang izin, habis jauh sih harus ke Jakarta, di Maando belum ada, trus mahal. jadi gitu deh…..(tertawa chinese…….-ye emang keturunan chinese)

Guest, gimana menurut lo pade…? Anah kan, sampe – sampe warnet yang udah kokoh berdiri lama juga “Membajak” Bukang maeng kang? (Manado Convertation)

Jadi boleh dong disimpulkan ada kesamaan antara Piracy dan Drunk..!

“Efek negative dari orang yang melakukan pembajakan terhadap hak cipta layaknya seperti orang mabuk”

PS : Gue bukan bermaksud SARA lo, sumpah nggak ada niat, semua tokoh dan TKP (Tempat Kejadian Perkara) diatas adalah nyata, dan kejadiannya juga nyata, hanya pada sesion percakapan aja gue lebay kan. Untuk “Wawan + Obi” sori ne udah tunggu lama dan sori tema “Kerja Bakti Skripsi Gue” terganggu.

Tentang zuckh

Suka hal yang baru, lebih dan panas.
Pos ini dipublikasikan di Pengalaman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

